Menu Plugin WordPress tidak ada ?

Kamu stress karna sudah bersusah payah menjelejahi jutaan halaman di rimba raya google untuk mencari menu plugin untuk wordpress, kali ini Adam Club harus menyampaikan berita menyedihkan.

Menyedihkan..??  ya menyedihkan…! karna ternyata plugin untuk WordPress gratisan tidak disediakan, bahasa jermanya KOSONG.  karna itu jangan habiskan sisa hidup anda untuk mencari yang namanya Plugin Matre jikalau blog anda gratisan. cara satu-satunya adalah dengan mengupgradenya menjadi wordpress berbayar.

Dari info yang  Adam Club dapat Plugin wordpress ini merupakan salah satu plugin yang wajib dimiliki, karena dengan plugin ini bisamenyelamatkan blog kita dari komentar SPAM. Komentar SPAM ini biasanya dilakukan olah orang menggunakan program yang dianggap mesin oleh akismet, sehingga komentar yang tidak layak untuk blog anda akan di blokir oleh plugin ini. berhubung sebelumnya belum pernah mengenal dunia blog, Adam Club coba googling kesana kemari bertanya sama om Google bagaimana cara mengkonfigurasinya, ternyata banyak yang membahas hal ini, dan langsung mempraktekannya.

Namun ternyata………..!!! ada yang sempat membingungkan, “kok tidak ada ya menu plugin di wp admin AC yaa ???,  namun yang AC dapat malah tulisan “page tidak ditemukan error 404″ Wah makin runyam nee, Malah AC sempat mengira apa ada kerusakan di data Base ya? sempat terlintas dipikiran apa perlu delete account AC dan buat yang baru dengan mengulang kembali pendaftaran yaa ? namun AC kembali mencoba googling lagi kesana kemari mencari jawabannya.

Syukur akhirnya AC mendapatkan jawabannya dan sudah saya praktekkan. Ternyata ohh ternyata….. blog wordpress.com apabila memakai subdomain wordpress alias blog gratisan, memang tidak bisa atau tidak di fasilitasi menu plugin, lain halnya kalo kita memakai hosting sendiri (berbayar) ,  so pasti menu plugins disediakan dengan sendirinya.  Hal ini sudah aturan main dari pihak wordpress.com sendiri untuk alasan keamanan dan kerja server tidak menjadi berat karena terlalu dibebani dengan plugins-plugins dari para penggunanya.

So bagi para bloger wordpress versi gratisan menu plugins di dashboard tidak usah dicari-cari lagi, untuk akismet gak perlu bingung-bingung lagi, karena widgets akismet udah disediakan, caranya masuk saja ke Dashboard kemudian klik menu Appearance dan cari widget Akismet yang sudah menunggu anda, untuk mengaktifkannya drag Akismet ke sebelah kanan, klik segitiga kecil dan anda hanya perlu memberi nama saja, misalnya beri nama “Komentar Spam”. gampang kannn….! kalo udah tahu.

Tulisan ini Adam Club maksudkan untuk sharing pengalaman bagi teman-teman yang masih baru (newbie).  memang kebanyakan bagi pemula biasanya mengutamakan tampilan blog terlebih dahulu dengan cara memperbanyak widget, AC tidak membahas bagaimana instalasi plugin dan lain sebagainya di wordpress, udah banyak yang membahas hal ini, ada bisa bertanya langsung ke pemilik blog dengan menanyakan di kolom comment, AC hanya sekedar menambahkan agar dapat menambah wawasan awal Anda seputar dunia bloging.

Ayo Semangattt….. jangan putus asa, walaupun tidak ada menu plugin jangan sampai mengurangi semangat Anda untuk belajar ngeblog, anggap ini sebagi batu loncatan menuju profesional, plugin bukan segala-galanya kok, banyak hal lainnya yang harus kita pelajari dari pada waktu dihabiskan untuk berfikir dan mencari-cari yang namanya plugin kutu kupret, sebagai tambahan ini dua screenshoot tampilan menu plugins wordpress.com (gratisan) dengan yang berbayar :

Tampilan Dashboard wordpress gratisan

Tampilan Dashboard wordpress dengan hosting berbayar

 Jangan lupa berikan komentar yaa…..!!!

One thought on “Menu Plugin WordPress tidak ada ?

Bagikan Komentar Untuk Mempopulerkan Profil Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s