Hujan buatan ditemukan

Headline
Peneliti Swiss mengaku berhasil menemukan cara yang bisa digunakan untuk mendatangkan hujan tanpa perlu melakukan ritual memanggil hujan. Bagaimana bisa?

Para peneliti University of Geneva ini menggunakan sinar laser yang langsung ditembakkan ke udara panas. Alhasil, tetes air bisa ‘dibuat’ kapan dan di mana akan jatuh. Peneliti ini telah lama menguji teknik ini.

Teknik yang dikenal sebagai laser-assisted water condensation ini berhasil menghasilkan tetes air di kondisi yang sangat panas di Rhone River di Swiss. Laser ini menghasilkan partikel asam yang mampu menarik dan menyatukan molekul air dan menghentikannya agar tak menguap.

Namun, menurut hasil studi yang diterbitkan di jurnal Nature Communications ini, tetes air yang dihasilkan masih terlalu kecil untuk bisa jatuh sebagai hujan. Menurut peneliti, jika tetes air ini bisa ratusan kali lebih besar, hujan bisa turun saat kondisi yang tepat.

Misalnya seperti ditulis Adam Club, jika laser ditembakkan ke aliran udara yang berhembus ke gunung yang membuat udara menjadi cukup dingin untuk ‘membesarkan’ tetes air dan menjatuhkannya sebagai hujan.

Bagikan Komentar Untuk Mempopulerkan Profil Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s